Mudahnya Membuat Sendiri Backup Sistem Operasi Windows yg bersifat Universal


Tulisan ini tidaklah murni dari ide atau penemuan saya sendiri, tapi berasal dari halaman blogger seseorang namum saya sudah lupa alamat websitenya. Tujuan saya adalah saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Karena ilmu itu bukan milik siapa2 kecuali hanyalah milik Allah SWT.

Adapun maksud dari judul diatas yaitu kita diajak untuk membuat sendiri backup dari sistem operasi pada PC atau laptop yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Ada beberapa pertanyaan yang perlu kita ketahui :
1. Kenapa harus mengerjakan sendiri? Alasannya yaitu karena proses mengerjakan memang mudah dan tools-nya (software) sudah tersedia.
2. Kenapa harus membuat backup? Alasannya yaitu agar jika sistem operasi yg sedang kita gunakan mengalami kerusakan maka dengan mudah kita dapat memperbaikinya tanpa harus melakukan installasi ulang. Dan waktu yg dibutuhkan jauh lebih cepat. Hasil backup-an adalah berupa file yg dapat disimpan di harddisk external kita misalnya.
3. Apa saja yg termasuk dalam hasil backup? Yaitu Operating System Windows, Semua Program Applikasi, Driver Hardware, Personal Setting dll, artinya semua hasil installasi akan terbackup penuh tanpa ada satupun yang dikurangi.
4. OS Windows apa saja yg bisa dibackup? Sampai saat ini saya sudah mencoba dari winxp, vista dan win7. Dan telah berhasil.
5. Apa maksudnya Universal? Maksudnya hasil backup-an dapat dipergunakan pada PC atau laptop lain yang jenis hardware-nya berbeda. Nah inilah kelebihannya dari backup yang akan dibuat.

Nah, untuk membuat backup sistem operasi ini kita hanya butuh dua aplikasi utama yaitu SPAT (System Preparation Assisted Tool) dan Skydriver atau easy driver pilih salah satu dari kedua kumpulan driver ini, silahkan anda searching di internet.

Berikut ini analoginya.
1. SPAT adalah aplikasi yg menjalankan fungsi preparasi dan generalisasi. Dimana akan membuat Windows terkonfigurasi pada kondisi standart sehingga akan bekerja baik di segala jenis hardware.
2. SPAT akan membuat skydriver atau Easydriver berjalan otomatis sebagai pendeteksi driver yang dibutuhkan. Caranya lakukan setting pada setup mini.
2. Sky atau Easydrive akan terinstall setelah pada saat Windows di restart. Lalu kemudian driver yang tidak dibutuhkan akan dihapus, dan yang tinggal hanya yg dipakai oleh PC atau laptop saja.

Dahulunya hasil backup dari PC atau laptop tertentu akan gagal di-restore pada PC atau laptop lain karena masalah perbedaan hardware, nah sekarang dengan metode ini masalah tersebut sudah terpecahkan.


Ini dia urut-urutan langkah nya :

1. Install dan konfigurasikan OS Windows anda sebaik mungkin dan selengkap mungkin seperti yang anda inginkan atau butuhkan. Kemudian jalankan program maintenance atau tune-up atau cleaner agar os window lebih terasa ringan. Untuk aplikasi driver tidak masalah diinstall atau belum.

2. Ekstrak SPAT dimana saja boleh, tapi untuk Easydriver harus di C:\Sysprep, buat folder "Sysprep" pada C:\ atau rename saja folder ekstrakan easydrivernya dengan "Sysprep".

3. Siapkan gambar background untuk installasi mini setup. Misal setup.jpg (bisa 800x600 atau 1024x768 24 bit format jpg). Taruh gambar itu pada folder C:\Sysprep.

4. Jika semua sudah siap, jalankan saja SPAT*.EXE. Kita menuju ke menu tab "General" dan pilihlah "select all". Klik pada "Background picture" dan pilih setup.jpg yang sudah disiapkan (C:\Sysprep\setup.jpg).

5. Masuklah pada tab "Interface" dan pilihlah "Run before mini-setup" dan pastikan menambahkan C:\Sysprep\Easydrv.exe (atau nama semisalnya dari Skydriver atau easydriver).

6. Masuklah ke tab "Reseal" dan pilihlah/centang hal-hal yang anda sukai.

7. Kembali ke tab "General" dan klik "sysprep".

8. Sysprep akan bekerja 2 - 5 menit, biarkan hingga berhenti sendiri dan window nya hilang sendiri. Setelah selesai tunggu sekira 1 menit, lalu Shutdownlah Windows anda.

9. Seletah dishutdown jangan nyalakan PC atau laptop anda sebelum membackup partisi sistem-nya ( atau drive C ), untuk membackup anda bisa siapkan booting dari CD atau USB yang ada tools backup seperti misalnya Norton Ghost atau aplikasi backup lainnya (saran saya gunakan Hiren's Boot CD).

Selamat mencoba dan bahagia....(tidak ada alasan lagi untuk install windows berjam-jam).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment